Tim PKDP Harus Selalu Cepat Tanggap

16 Oktober 2018 11:23 / Humas PG / 6302x dilihat

PT Petrokimia (PG) Gresik selalu mengutamakan keselamatan (safety) dalam menjalankan proses bisnisnya, sehingga komitmen untuk mengawal ketersediaan pupuk demi mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional dapat dilaksanakan dengan baik. Sebagai anak usaha dari PT Pupuk Indonesia (Persero) yang bertekad untuk terus tumbuh dan berkembang menjadi produsen pupuk dan bahan kimia sebagai solusi untuk agroindustri, PG harus selalu meningkatkan kewaspadaan dan kesigapan terhadap kondisi darurat pabrik. Simulasi PKDP ini rutin dilaksanakan secara periodik, untuk PKDP Tingkat I setahun 2 (dua) kali, dan PKDP Tingkat 2 (dua) dilaksanakan dalam 2 (dua) tahun sekali.

Tujuan dilaksanakannya simulasi PKDP ini untuk melihat sejauh mana kesigapan dan tingkat kewaspadaan unit-unit kerja, termasuk kelayakan dan kesiapan peralatan dalam menghadapi kejadian darurat yang tidak diinginkan bersama. Simulasi PKDP ini juga merupakan implementasi SMK3, requirement Responsible Care Code, dan persyaratan Sistem Manajemen Pengamanan (SMP).

PG menggelar simulasi PKDP Tingkat I pada hari Jumat, 12 Oktober 2018 dengan skenario kejadian di rooftop tank yard amoniak wilayah pabrik II. Proses penanggulangan kondisi darurat berjalan dengan lancar dan sukses, serta lebih cepat dari waktu yang diskenariokan.

“Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada tim simulasi PKDP yang telah berkerja dengan baik. Selanjutnya harus tetap ada evaluasi, sehingga tim PKDP selalu cepat tanggap dalam menanggulangi keadaan darurat, sehingga tidak sampai mengganggu operasional pabrik secara significant, maupun aktivitas masyarakat sekitar perusahaan,” ujar GM Pabrik II, Bachronsyah. Hartono

Berita Terbaru

24 Mar 2024
Petrokimia Volleyball Academy Menjadi Tim Putri Pertama yang Menjuarai Nusantara Cup
24 Maret 2024 20:50 / Komunikasi Korporat PG / 792x dilihat
22 Mar 2024