Petrokimia Gresik Raih Skor 4,553

30 Agustus 2018 11:02 / Humas PG / 5717x dilihat

Pelaksanaan Survey Safety Culture di PT Petrokimia Gresik (PG) berlangsung di Wisma Kebomas selama dua hari, 28-29 Agustus 2018. Survey dilakukan oleh PT Pupuk Indonesia (Persero) beserta tim Champion Safety Culture yang merupakan perwakilan dari anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero). Peserta survey adalah semua tingkatan manajemen, mulai dari Top Management (Direksi dan General Manager), Middle Management (Manager, Kepala Bagian, Kepala Seksi sampai dengan Kepala Regu) dan Pelaksana, serta Tenaga Kerja Kontraktor dari semua Unit Kerja. Jumlah respondennya sekitar 337 orang, atau lebih dari 10% total karyawan PG.

Direktur Produksi PG, I Ketut Rusnaya pada saat membuka acara ini menyampaikan, Survey Safety Culture dilakukan untuk mengetahui tingkat Budaya K3 yang sekarang, serta menentukan action-plan yang perlu dilakukan selanjutnya. Kegiatan ini sebagai suatu langkah untuk meningkatkan Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja karyawan.

Budaya K3 merupakan gambaran dari nilai dan sikap karyawan dalam mengimplementasikan K3 selama melakukan aktivitas di perusahaan. Komitmen manajemen dalam K3 dapat mendorong karyawan dan kontraktor dalam menciptakan lingkungan dan cara kerja yang sehat dan selamat. Hal ini harus diterjemahkan dan disampaikan dengan baik kepada seluruh personel sehingga setiap personel menjadi bagian dalam mengendalikan risiko yang terdapat di lingkungan kerja.

Berdasarkan hasil perhitungan dari kuesioner yang telah diisi oleh responden, skor yang didapatkan oleh PT Petrokimia Gresik adalah 4,553 dengan kategori Proaktif. Hasil tersebut memberikan gambaran bahwa komitmen manajemen dan implementasi aspek K3 telah dilaksanakan dengan baik di PT Petrokimia Gresik.

Pada saat penutupan acara Survey Safety Culture, Direktur Produksi PG, I Ketut Rusnaya menyampaikan bahwa evaluasi perlu terus dilakukan sebagai suatu langkah perbaikan yang bersifat berkesinambungan terkait dengan aspek K3. Hal ini sebagai suatu bentuk komitmen manajemen yang menempatkan aspek Safety pada prioritas utama dalam proses bisnis perusahaan sesuai dengan corporate value PT Petrokimia Gresik. Kiki/Hartono

Berita Terbaru

06 Apr 2024
Mudik Asyik Bersama BUMN 2024, Petrokimia Gresik Berangkatkan 200 Pemudik ke Empat Rute di Jawa Timur
06 April 2024 21:35 / Komunikasi Korporat PG / 213x dilihat
03 Apr 2024