Penyaluran Program Kemitraan sebesar 4M dengan Jasa Administrasi 3 Persen

12 September 2017 13:58 / Humas PG / 5790x dilihat

Sebanyak 42 mitra binaan PT Petrokimia Gresik (PG) hadir di Club House PG pada Selasa (12/9) dalam acara penandatanganan surat perjanjian pinjaman modal kerja. Mitra binaan PG ini berasal dari berbagai sektor, diantaranya sektor industri, perdagangan, pertanian dan peternakan. Total pinjaman yang digelontorkan PG dalam penyalurannya kali ini mencapai Rp 3,959 milyar.

Pinjaman modal ini diberikan kepada mitra binaan di sektor industri, sektor perdagangan sebanyak 20 mitra, 12 mitra di sektor pertanian dan 9 mitra di sektor peternakan. Jumlah pinjaman yang diberikan pun beragam, mulai dari Rp 50 juta untuk sektor industri, total Rp1,24 milyar untuk sektor perdagangan, Rp 1,2 milyar di sektor pertanian dan angka terbesar berada di sektor peternakan total senilai Rp 1,469 milyar.

Acara dibuka oleh Manager CSR, Yusuf Wibisono. Dalam sambutannya, Yusuf menjelaskan bahwa saat ini pemerintah melalui Peraturan Menteri BUMN No.PER-02/MBU/7/2017, telah menurunkan jasa administrasi dari yang semula 6% kini menjadi 3% saja. “Hal ini bisa menjadi kabar gembira bagi para UMKM untuk lebih giat dalam mengembangkan usahanya melalui Program Kemitraan PG,” terangnya.

Program Kemitraan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan untuk meningkatkan kemampuan UMKM agar menjadi lebih berkembang, tangguh dan mandiri. Bentuk programnya disesuaikan dengan karakter atau masalah yang umum ditemui oleh UMKM. Yusuf menambahkan, “Masalah yang paling umum adalah modal, maka kami bantu dengan pinjaman modal, lalu masalah kemampuan SDM kami bantu atasi dengan pembinaan/pelatihan, hingga masalah pemasaran pun kami bantu melalui promosi dengan mengikuti pameran.”

Pada kesempatan ini hadir perwakilan dari Departemen Penjualan Produk Pengembangan (P3), Yudi Nugroho. “Hal yang juga harus diketahui para mitra sekalian adalah manfaat dari produk-produk pengembangan PG. Ini akan sangat membantu dalam pengembangan usaha, misalnya untuk sektor pertanian, PG memiliki produk benih unggul dan pupuk yang sesuai dengan kebutuhan. Lalu untuk sektor peternakan, PG memiliki produk probiotik yang dapat menyehatkan hewan ternak,” jelasnya.

Disediakan pula stand yang menjual produk pengembangan di salah satu sudut Club House. Dalam kesempatan ini, para mitra binaan tidak hanya menandatangani surat perjanjian saja, namun juga diberi pembekalan mengenai tata cara pembukuan sederhana, penjelasan tentang produk pengembangan beserta manfaatnya dan dapat langsung membelinya sesuai dengan kebutuhan. Dep CSR/isp.-

Berita Terbaru

06 Apr 2024
Mudik Asyik Bersama BUMN 2024, Petrokimia Gresik Berangkatkan 200 Pemudik ke Empat Rute di Jawa Timur
06 April 2024 21:35 / Komunikasi Korporat PG / 243x dilihat
03 Apr 2024