BRI Utangi Petrokimia Gresik Rp1,3 Triliun

19 September 2015 07:53 / http://ekonomi.metrotvnews.com / 6042x dilihat
Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) memberikan fasilitas pinjaman sebesar Rp1,3 triliun kepada BUMN yang bergerak di bidang produksi pupuk, PT Petrokimia Gresik. Pemberian fasilitas pinjaman BRI kepada Petrokimia Gresik merupakan wujud sinergi BUMN untuk membangun ketahanan pangan secara nasional.

"Pinjaman berupa kredit investasi tersebut digunakan untuk meningkatkan kapasitas produksi pupuk Petrokimia Gresik dengan membangun pabrik baru. Kita tahu bahwa salah satu kebutuhan utama untuk mewujudkan kedaulatan pangan adalah ketersediaan pupuk untuk mencukupi kebutuhan petani," tukas Corporate Secretary BRI Budi Satria, dalam siaran persnya, di Jakarta, Jumat (18/9/2015).

Budi menjelaskan, fasilitas yang diberikan BRI sebesar Rp1,3 triliun terdiri dari kredit investasi Rp1 triliun yang digunakan untuk membangun pabrik Amoniak dan Urea (Amurea) II dengan jangka waktu 10 tahun. Sementara sisanya sebesar Rp300 miliar digunakan untuk kredit investasi membangun kembali (revitalisasi) Instalasi Penjernihan Air (IPA) Gunungsari dengan jangka waktu 4,5 tahun.

"Kedua kredit investasi tersebut disertai fasilitas lindung nilai (hedging) berupaforeign exchange (forex) line atau fasilitas yang digunakan untuk kebutuhan transaksi valas sebesar USD135 juta dengan jangka waktu dua tahun," jelas dia.

Menurut Budi, dukungan BRI terhadap industri pupuk nasional dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan akan berdampak besar bagi masyarakat. Upaya lain untuk mendukung upaya ketahanan pangan dilakukan BRI melalui pola Trickle Down Business (TDB) dari fasilitas yang sudah diberikan ke perusahaan pupuk korporasi, yakni dengan memberikan fasilitas pembiayaan kepada distributor-distributor pupuk.

Adapun untuk PT Petrokimia Gresik saja, BRI saat ini telah memberikan pembiayaan kepada distributor-distributor hingga total Rp203 miliar melalui polareal time Host to Host produk Cash Management System (CMS) BRI.

"Hingga saat ini BRI telah mendukung industri pupuk melalui fasilitas pendanaan kepada BUMN produsen pupuk PT Pupuk Indonesia Holding Company sebesar Rp13,4 triliun per September 2015. Rp4,3 triliun di antaranya merupakan portofolio kredit yang diberikan ke PT Petrokimia Gresik dan anak usaha. Kami sudah bekerja sama dengan Petrokimia Gresik dalam hal pinjaman sejak 1981," pungkas Budi.

Sekadar informasi, penandatanganan akad kredit dilakukan oleh Direktur UMKM BRI Mohammad Irfan bersama dengan Direktur Utama Petrokimia Gresik Hidayat Nyakman di Ruang Britama Gedung BRI 1 Jakarta Pusat. Penandatanganan tersebut juga disaksikan oleh Achmad Fadhiel selaku Direktur Keuangan PT Pupuk Indonesia Holding Company, induk perusahaan Petrokima Gresik dan Sumarjo Gatot Irianto selaku Komisaris Utama Petrokimia Gresik serta Direktur Komersial T. Nugroho Purwanto. (AHL)

Berita Terbaru

24 Mar 2024
Petrokimia Volleyball Academy Menjadi Tim Putri Pertama yang Menjuarai Nusantara Cup
24 Maret 2024 20:50 / Komunikasi Korporat PG / 762x dilihat
22 Mar 2024